Cara Mengatasi Layar Blank Setelah "startx" di BackTrack 5

BackTrack merupakan salah satu golongan sistem operasi Linux yang bersifat open source. Sistem operasi BackTrack ini menyediakan tools yang berhubungan dengan keamanan. Dalam kasus yang dialami dalam artikel ini yaitu menggunakan BackTrack 5 R3.

Ketika kasus ini saya alami, saya menggunakan OS lebih dari satu diantaranya Windows, Ubuntu dan BackTrack maka otomatis memiliki GRUB. Pada OS (Operating System) BackTrack yang sudah berhasil diinstall memiliki masalah yaitu layar blank setelah “startx” saat ingin masuk ke desktop layaknya jika berjalan normal.

Cara Mengatasi Layar Blank Setelah "startx" di BackTrack 5
BackTrack 5 R3

Dugaan yang timbul kemungkinan karena installer yang rusak atau corrupt namun ternyata bukan. Bahkan telah dicoba dengan installer yang pernah sukses install di laptop lain tanpa ada masalah layar blank setelah "startx", namun masalah yang sama tetap muncul. Belum saya ketahui penyebab yang pasti dari masalah tersebut.


Untuk masalah tersebut telah teratasi setelah browsing kesana kemari, dan ternyata solusinya sangat mudah hanya dengan menghapus kata "nomodeset".

Berikut cara mengatasinya:
Bagi pengguna OS lebih dari 1 dalam 1 PC/Laptop akan ada GRUB (bootloader linux) pada saat booting seperti yang saya katakan sebelumnya. Setelah muncul GRUB ketika PC/Laptop pertama kali dinyalakan arahkan pilihan ke OS BackTrack nya (dengan cara menekan tombol navigasi atas atau bawah) dan jangan tekan Enter dulu.

Saat pilihan di tampilan GRUB berada di pilihan BackTrack maka tekan huruf "E" (tanpa tanda petik) pada keyboard, maka akan muncul teks seperti di bawah ini:

recordfail
insmod ext2
set root='(hd0,5)'
search --no-floppy --fs-uuid --set 7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0
linux    /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0 ro text splas nomodeset vga=791
initrd    /boot/initrd.img-2.6.38

Hapus tulisan nomodeset pada teks tersebut sehingga tidak ada lagi dan menjadi seperti ini:

recordfail
insmod ext2
set root='(hd0,5)'
search --no-floppy --fs-uuid --set 7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0
linux    /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0 ro text splas vga=791

Kemudian tekan CTRL+X untuk melakukan booting dan tekan ENTER untuk masuk ke BackTrack lakukan login seperti biasa dan coba ketik "startx" untuk masuk ke Desktop seperti biasa. Jika layar tidak blank lagi berarti masalah layar blank di BackTrack teratasi.

Namun cara diatas belum selesai sepenuhnya. Anda harus menyimpan perubahan teks tadi ketika menghapus nomodeset agar cara ini tidak dilakukan setiap kali Anda melakukan botting. Caranya dengan mengedit file grub.cfg sebagai berikut:

1. Buka terminal atau dengan cara tekan CTRL+Alt+T
2. Edit grub.cfg yang berada di direktori /boot/grub/ dengan teks editor ketik di terminal:
root@bt:~# gedit /boot/grub/grub.cfg
Cara Mengatasi Layar Blank Setelah "startx" di BackTrack 5
Terminal Linux

maka akan muncul teks kira-kira seperti di bawah ini:

menuentry 'BackTrack 5, with Linux 2.6.38' --class ubuntu --class gnu-linux --class gnu --class os {
recordfail
insmod ext2
set root='(hd0,5)'
search --no-floppy --fs-uuid --set 7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0
linux /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0 ro text splash nomodeset vga=791
initrd /boot/initrd.img-2.6.38

3. Hapus kata nomodeset dan kemudian save (simpan).

Untuk memastikan settingan berhasil, restart PC/Laptop dan coba login seperti biasa. Jika layar kembali blank setelah startx maka ulangi cara di atas, mungkin ada yang belum berhasil.

Demikianlah cara mengatasi layar blank setelah startx di Backtrack 5 R3. Cara ini telah saya coba dan berhasil.

Artikel Lainnya:

16 Responses to "Cara Mengatasi Layar Blank Setelah "startx" di BackTrack 5"

  1. masih bingung gan, belum faham maksudnya..
    kapan kita tekan "e" itu

    ReplyDelete
  2. Ma'af telat balas gan
    bg pengguna dual boot(2 OS) grub muncul saat sebelum masuk ke OS yg di pilih, nah arah kn pilihan ke pilihan backtracknya gan kemudian ketik "e" di keyboard maka muncul text panjang aneh gitu :)
    hapus kata "nomodeset" sperti cara di atas

    Semoga berhasil

    ReplyDelete
  3. gan antum mau nanya, kn saya uda instal BT 5 R2 pd leptop saya dan berhasil, nah setelah saya restar dan pilih os backtracknya, trus ketika mau log in saya tulis 'rooo' untuk BT login, nah pas saya mau masukin passwordx keyboard saya tidak terbaca dan tidak bisa nulis 1 hurufpun akhirx saya tidak bisa log in, mohon bimbingannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud agan teks muncul pada saat tulis username?? namun saat tulis password tidak?

      Kalau masih bisa ketik itu berarti keyboard normal & berfungsi dgn baik. Pada BT saat ketik password login memang tidak ada muncul teks apapun, namun sebenarnya ada teks yg tersembunyi.
      Secara default untuk login username: root dan password: toor
      Coba agan ketik aja pass nya dengan benar walupun tdk muncul kemudian tekan enter.
      setelah itu ketik "startx" lalu enter. Semoga berhasil :)

      Delete
  4. muuuuuuantap :D
    berhasil 100%
    love u mas admin :* muuahaha
    nice post
    maklum, saya baru coba2 pakai bactrack ^^

    ReplyDelete
  5. Sorry gan saya mau nanya..???
    ko waktu saya boot n masuk k grup nya d teken E juga mw masuk..
    gmn gan??? tolong pencerahan'y...

    ReplyDelete
  6. saya teken "E" ga da yg berubah gan..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yg menggunakan OS lebih dari satu, arah kan pilihan ke bactracknya kemudian tekan "E". Seharus_a muncul text untuk di edit gan
      untuk masaLah yg g' ada muncul sama sekali ane belum pernah mengalami problem tersebut.

      Delete
    2. saya pake windows doank br mw nginstal backtrack.. masalah'y sehabis startx desktop ga da..

      Delete
    3. untuk kasus layar blank saat penginstalan pernah saya aLami dan berhasil
      coba pake' cara ini :

      waktu saat mulai penginstallan, pas udah masuk grub tekan TAB buat mengedit boot, ntar kira kira muncul text sprti dibawah

      "file=/cdrom/
      preseed/ubuntu.see boot=casper initrd=/casper/ initrd.gz"

      tambahin ini "xforcevesa noapic nosplash irqpoll --"
      setelah initrd.gz

      Semoga berhasil

      Delete
    4. udah saya coba gan tp ga bs juga...
      udh di edit terus di enter msh sm ga mw muncul jg...
      gmn gan?????

      Delete
    5. makasih gan td saya coba lg ech ternyata sekarang udh bisa...
      saya serasa dapet undian.. wkwkwkw

      Delete
    6. Sama2 gan... Selamat
      thk's jg sudah berkunjung

      Delete
  7. screenshot nya donk gan.. biar lebih jelas..

    ReplyDelete
  8. gan ane mw pake modem ko ga bs y.. modem ane vodafone k3765.

    ReplyDelete
  9. gan password root default apa ?
    masalahnya pake pass "toor" invalid trus

    ReplyDelete

Komentar Anda sangat berharga untuk kemajuan blog ini.
Silahkan berkomentar sesuai postingan blog & berkomentarlah dengan sopan.
- Dilarang menaruh live link di komentar.
- Komentar SPAM atau jualan mohon maaf akan dihapus.