Mengenal Bahasa Pemrograman Swift dari Apple

Pemrograman Swift adalah bahasa pemograman baru yang diciptakan Apple dalam membangun aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Swift merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman sebelumnya yang digunakan pihak Apple dalam membangun aplikasi yaitu Objective-C. Swift diluncurkan dan dikenalkan pada 2 Juni 2014 dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC).

WWDC 2014
Pemrograman Swift - Sumber gambar: channel AppleKeynotes Youtube

Swift juga dikabarkan memiliki keunggulan dibandingkan bahasa pemrograman yang lain diantaranya yaitu:

- Lebih Simple
Objective-C VS Swift
Perbandingan Sintak Objective-C dengan Swift

Pemrograman Swift memiliki sintak coding yang lebih singkat (simple) dan modern dibandingkan pemrograman Objective-C yang dianggap memiliki sintak coding lebih rumit.

- Performa
Hitung kecepatan Swift
Kecepatan Swift

Dalam urusan performa pemrograman Swift meliki kelebihan lebih cepat dibandingkan pemrograman Objective-C dan Python. Sebagai contoh diukur dalam algoritma Complex object sort pemrograman Swift unggul dengan nilai 3.9x dan pada algoritma RC4 encryption pemrograman Swift unggul dengan nilai 220x.

Swift Ditambahkan ke Kurikulum
Beberapa universitas dan lembaga akademik ternama di luar negri mengajarkan pemrograman Swift pada mata kuliah pemrograman komputer mereka. Hal ini berarti membuka peluang besar banyak yang paham dengan Swift dan menjadikan bahasa pemrograman Swift ini menjadi lebih dikenal.

Komunitas dan Buku Swift
Dalam perkembangan Swift guna membantunya menjadi bahasa yang jauh lebih handal, mereka telah membuat komunitas dimana para users dapat berkontrubusi. Komunitas Swift dapat diakses di Swift.org. Selain itu pihak mereka juga menyediakan buku defenitif yang berjudul “The Swift Programming Language” dan dapat diperoleh secara gratis dari iBooks Store. Dengan adanya buku tersebut maka para developers dapat mempelajari bagaimana Swift membuat pemrograman menjadi lebih mudah, fleksibel, dan menyenangkan.

Dekianlah sekilas tentang pengenalan bahasa pemrograman Swift dari Apple yang dirangkum oleh Gemar TI.com. Untuk mengenal Swift lebih jauh Anda dapat menemukannya dari sumber referensi lain atau dari situs web pengembang Swift.

Artikel Lainnya:

0 Response to "Mengenal Bahasa Pemrograman Swift dari Apple"

Post a Comment

Komentar Anda sangat berharga untuk kemajuan blog ini.
Silahkan berkomentar sesuai postingan blog & berkomentarlah dengan sopan.
- Dilarang menaruh live link di komentar.
- Komentar SPAM atau jualan mohon maaf akan dihapus.